May 4, 2017

History

 

Toyota Vios Club Indonesia (TVCI) adalah sebuah wadah atau komunitas otomotif yang secara khusus diperuntukan untuk para pemilik dan pengguna mobil sedan Toyota Vios.
Pada awalnya komunitas ini berdiri di mulai dengan berkumpulnya beberapa pengguna vios yang hadir dalam acara Touring Championship di Sentul, seputaran bulan Mei 2004. Beberapa pengguna vios ini hadir melalui undangan dari salah satu Authorized Toyota untuk menyaksikan secara langsung aksi dan kehebatan mobil sedan baru yang dijadikan mobil resmi balapan oleh Toyota Team Indonesia. Pada saat itu Toyota Vios masih dikatakan gress karena masih setahun umurnya (vios resmi di launch pada pertengahan 2003) dan menjadi saingan utama oleh sedan sejenis di kelasnya. Lewat ajang inilah para pengguna vios yang baru pertama kali kopi darat dan berkenalan secara langsung, saling berbagi informasi dan diskusi mengenai teknologi mesin 1NZ-FE VVTI yang tertanam di dalam tubuh baja Vios. Mulai dari pembicaraan ringan sampai dengan obrolan serius mewarnai percakapan teman-teman pada saat itu. Sempat terbesit ide untuk mengumpulkan teman-teman semua dalam sebuah ajang diskusi mandiri yang secara penuh dikomandoin oleh mereka sendiri.

Setelah acara itu selesai, obrolan antar anggota khususnya melalui email tidak terputus, bahkan makin meningkat dan makin banyak yang terlibat. Akhirnya tercetus ide untuk meningkatkan obrolan, dari seputar email menjadi lebih serius ke dalam bentuk sebuah komunitas otomotif yang lebih formal dan terbuka bagi siapa saja untuk menampung kebutuhan informasi dan ingin membarikan nilai tambah yang positif kepada seluruh anggotanya. Lewat ide bersama dari Kristian Marbun, M. Wahab, Indra KJ dan Edwin “Bing” Luzardi, maka ditetapkanlah sebuah perkumpulan atau komunitas otomotif yang khusus vios dengan nama Toyota Vios Club Indonesia atau disingkat TVCI.

Komunitas otomotif ini didirikan pada tanggal 12 Agustus 2004, yang diawali dengan peluncuran mailing list resmi Toyota Vios Club Indonesia yaitu tvc_indonesia@yahoogroups.com dan email vios_id@yahoo.com. Berbagai persiapan Kepengurusan, administrasi dan kelengkapannya serta didukung oleh antusiasme yang sangat tinggi oleh para anggota vioser dahulu, maka TVCI memulai debut keberadaan dan kiprahnya di kalangan komunitas otomotif Indonesia dengan mengadakan kegiatan pertama kali yaitu Coaching Clinic dengan temai Membedah Teknologi VVTI, yang didukung penuh sekaligus sebagai tempat acara adalah Tunas Toyota Pasar Minggu.

Dari situlah tapak tilas TVCI dimulai, dengan berbagai macam kegiatan, dengan berbagai latar belakang yang berbeda dari anggotanya, dengan berbagai alasan lainnya, TVCI hidup dan selalu meniti hari demi hari sejalan dengan dinamika para anggotanya yang dinamis dan penuh percaya diri. Sejauh ini telah berjalan 3 periode Kepengurusan TVCI yaitu periode pertama 2004-2006 yang diketuai oleh Marbun Kristian; periode kedua 2006-2009 yang diketuai oleh Edwin “Bing” Luzardi; dan periode ketiga 2009-2011 yang diketuai oleh Tezar Kusumabuana.

Pada awal-awalnya TVCI berjalan, terasa mudah dan nyaman bagi semua anggota. Namun dengan makin bertambahnya waktu dan semakin banyak pengguna vios yang datang dan pergi, maka TVCI dihadapi dan mulai memasuki masa transisi yang cukup penting. Momen ini sepenuhnya adalah wajar dalam roda sebuah komunitas, tapi tidak pula dianggap remeh. Untuk itulah lewat beberapa anggota yang loyal dan masih memiliki komitmen tinggi, maka TVCI di genjot kembali melalui peremajaan Kepengurusan, khususnya yang siap bekerja secara team work dan penyesuaian sistem pengelolaan organisasi.

Maka mulai maret/april tahun 2009, melalui kesepakatan dan komitmen bersama para anggota yang hadir dalam rapat pemilihan pengurus baru 2009-2011, mulai dicanangkanlah sebuah tajuk TVCI Reborn. Hal ini bukan semata sebuah kata-kata kiasan saja tapi terlihat dan dirasakan langsung dalam setiap kegiatan-kegiatan yang bergulir secara deras, dimana banyak anggota yang terlibat dan hadir dengan antusiasme yang tinggi. Hampir tiap bulannya TVCI diisi oleh berbagai program kegiatan. Dengan dampak dari Reborn tersebut maka diharapkan TVCI sudah menuju stabilitas dan pendewasaan karakter organisasinya yang siap menghadapi tantangan yang lebih berat pada masa-masa yang akan datang.